30 Desember 2018

ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) 2016

Pada tahun 2016 ini saya baru mengenal LMS (Learning Management System) yang dikembangkan oleh Google yang disebut dengan Google Classroom. Semula saya kurang tertarik dengan Google Classroom karena terlalu sederhana. Namun justru itulah Google yang terkenal dengan kesederhanannya. Sederhana namun powerfull.

Selanjutnya saya pelajari fitur-fitur Google Classroom. Memang sejak dulu saya tertarik dengan LMS, misalnya Moodle, Edmodo, Schoology dan lain-lain. Google Classroom mempunyai kelebihan di balik kesederhanaanya, yaitu
  1. Akses cepat
  2. Terintegrasi dengan semua layanan Google, seperti Google Drive, Google Formulir dan lain sebagainya.
  3. Aplikasi tersedia di Play Store
Setelah saya memahaminya, saya mencoba menerapkannya dalam kelas dan mumpung ada ONIP, saya ikutkan lomba. Jadi di ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) 2016 ini produk saya adalah kelas digital yang saya kembangkan melalui platform Google Classroom. Berikut ini laporannya


Tidak hanya saya ikutkan lomba Google Classroom ini, namun saya membuat diklat daring diwadahi oleh Matematika Nusantara, Tidak sampai berhenti di situ, saya juga membuat buku mengenai Google Classroom, dengan Judul: "GOOGLE CLASSROOM, jadikan kelas digital di genggaman Anda"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar