29 Desember 2018

ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) 2015


Tahun 2015 merupakan tahun penuh sejarah bagi saya, karena pada tahun ini saya baru bisa mengadakan penelitian tindakan yang disebut Penelitian Tindakan Kelas. Saya belajar kepada orang yang pernah melakukan PTK, saya minta contoh laporannya dan saya lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). 

PTK saya mulai dengan proposal dan kebetulan pada tahun 2015 ada program hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Puslitjak (Pusat Penelitian Kebijakan) Kemdikbud. Kebetulan proposal saya lolos dan mendapat pembiayaan dan sekaligus bimbingan teknis PTK. Adapun tema yang saya angkat dalam PTK ini adalah LKS (Lembar Kerja Siswa) Digital. Media ini selanjutnya saya ikutkan lomba ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) yang diselenggarakan oleh P4TK Matematika dan masuk sebagai finalis 35 besar se-Indonesia, walaupun tidak mendapat juara.

Berikut ini laporan ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) 2015 yang merupakan ONIP ketiga sejak diselenggarakan dari tahun 2013


2 komentar: