19 September 2014

Menyelesaikan Soal Integral Trigonometri

Materi trigonometri dianggap materi paling sulit. Mereka beralasan terlalu banyak rumus yang harus dikuasai. Apalagi integral trigonometri, mereka banyak yang merasa kesulitan menyelesaikan soal integral trigonometri. Namun sebenarnya menyelesaikan soal intergral trigonometri tidak terlalu susah bila kita bisa mengenali ciri-ciri soal integral trigonometri. 

Pada soal-soal Ujian Nasional (UN) sebenarnya tidak banyak variasi soal integral trigonometri. Bila saya amati, saya menemukan 4 ciri integral trigonometri. keempat ciri ini memerlukan teknik yang berbeda untuk menyelesaikannya, yaitu:
1) Bentuk Biasa
2) Bentuk Kali
3) Bentuk Kuadrat
4) bentuk Khusus


1. Bentuk Biasa

Bentuk Biasa ini yang paling gampang untuk diselesaikan dengan menggunakan rumus
2. Bentuk Kali
Untuk menyelesikan soal ini gunakan rumus:
3. Bentuk Kuadrat
Untuk menyelesaikan soal bentuk kuadrat seperti ini gunakan rumus
4. Bentuk Khusus
Untuk menyelesaikan soal integral berbentuk seperti ini kita bisa menggunakan substitusi. OK. Selamat mengerjakan soal integral trigonometri

3 komentar:

  1. wah keren gan....oya pak dulu saya hobi banget yang namnya matematika..tapi skrg dh pindah alih mlh ke penjas...salam kenal sebelumnya pak.salam blogger
    jangan lupa mampir ya
    http://volimaniak.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. saya juga suka matematika pak
    kunjungi blog saya juga ya pak
    blogku juga tentang matematika

    BalasHapus
  3. Siapa nih yang masih Jomblo yang lagi cari pasangan atau cuma sekedar cari temen ya kunjungi >> situs www.jodohgue.com

    BalasHapus