08 Januari 2019

SeNdiMAt (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) V-2017

Sertifikat Pemakalah Sendimat V

Pada SeNdiMAt (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) V-2017, saya membawakan makalah dengan judul EFEKTIVITAS KOMUNITAS MATEMATIKA NUSANTARA (MN) DALAM MENGGERAKKAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DENGAN MODA DARING MENGGUNAKAN GABUNGAN MOODLE DAN TELEGRAM. Matematika Nusantara adalah organisasi profesi yang sudah berbadan hukum yang beranggotakan guru-guru matematika senusantara dari semua jenjang serta pegiat-pegiat matematika.

Program utama Matematika Nusantara yang sering disingkat MN adalah diklat daring dari dan untuk anggota. Instruktrur yang sering kami sebut mentor berasal dari anggota MN dan diklat diperuntukkan untuk anggota MN. Walau begitu, kadang diklat juga untuk kalangan umum bila materinya umum, tidak menyangkut matematika. Diklat yang diselenggarakan oleh MN itu bertujuan untuk memenuhi PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Kegiatan diklat itu diperlukan sistem dan kami sudah mengembangkan sistem dengan moda daring, menggunakan LMS (Learning Management System) Moodle yang sudah sangat dikenal. Selain itu dibantu dengan media sosial telegram. Efektivitas sistem itulah yang saya uji dalam penelitian ini. Berikut ini adalah abstrak makalah tersebut.

EFEKTIVITAS KOMUNITAS MATEMATIKA
NUSANTARA (MN) DALAM MENGGERAKKAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN (PKB) DENGAN MODA
DARING MENGGUNAKAN GABUNGAN
MOODLE DAN TELEGRAM
Moch. Fatkoer Rohman
Matematika Nusantara, Tanjung, Lombok Utara, fatkoer@matematikanusantara..id

Nusantara (MN) dalam menggerakkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan moda daring menggunakan gabungan Moodle Telegram. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat kepuasan subyek penelitian terhadap diklat dalam jaringan yang diselenggarakan oleh komunitas Matematika Nusantara (MN). Subyek penelitian adalah peserta diklat Geogebra Dasar yang diselenggarakan oleh Matematika Nusantara (MN) dalam jaringan pada tanggal 24 April – 12 Mei 2017 pola 38 jam pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Berdasarkan teknik pengumpulan data tersebut maka instrumen yang digunakan adalah soal dalam jaringan dan daftar pertanyaan. Analisis yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari teknik tes adalah uji-t, yaitu membandingkan nilai tes akhir dan tes awal, sedangkan untuk mengukur tingkat efektifitasnya digunakan analisis Effect Size. Untuk mengolah data yang diperoleh dari angket digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) . Penggunaan Moda gabungan LMS Moodle dan Media Sosial Telegram yang dikembangkan oleh Matematika Nusantara terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi guru matematika materi Geogebra Dasar dengan tingkat efektifitas tinggi. Adapun nilai rerata tes awal 58,2 dan rerata tes akhir 83,9 dengan angka efektivitas 1,85 (kategori tinggi) (2) Peserta merespon dengan kategori sangat puas terhadap diklat yang diselenggarakan oleh komunitas Matematika Nusantara. 
Kata Kunci. Komunitas, Matematika Nusantara, PKB, Moodle, Telegram.

Makalah lengkap dapat Andah unduh melalui tautan di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar