30 Agustus 2013

Video Tutorial Membuat Histogram Menggunakan Excel

Bab pertama matematika kelas XI IPA adalah Statistika. Setelah siswa selesai mempelajari Statistika saya memberikan tugas kepada mereka secara berkelompok untuk mengalami langsung sebagai "ahli statistika". Siswa yang berjumlah 32 orang saya bagi menjadi 8 kelompok. Jadi masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Tugas yang saya berikan adalah mengumpulkan data tinggi badan satu kelas yang diambil dari kelas lain. Setelah data tinggi badan terkumpul langkah selanjutnya yang harus dikerjakan adalah menyajikan data baik dalam bentuk tabel distribusi frekuensi berkolompok dan dalam bentuk histogram.

Dengan memberikan tugas seperti itu, harapan saya siswa benar-benar mengalami langsung bagaimana mecari data, menyajikan data dan menentukan nilai statistik data, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. 

Langkah akhir dari tugas tersebut adalah membuat laporan yang harus diketik menggunakan laptop dan dikirim dalam bentuk soft copy melalui schoology. Sengaja pelaporan saya minta seperti itu agar siswa terbiasa dengan dunia IT dan pembelajaran online.

Untuk membuat histogram dengan komputer tentu tidak semua siwa bisa. Solusinya mereka saya suruh untuk mencari caranya dengan browsing di internet. Namun tidak ada salahnya saya memberikan tutorial dalam bentuk video bagaimana cara membuat histogram dengan menggunakan Excel. Kebetulan saya juga sedang mengikuti diklat online yang salah satu tugas adalah membuat video pembelajaran. Singkat kata video tutorial membuat histogram menggunakan excel dapat dilihat di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar